Berita

Jakarta Hacking Competition

 
Jakarta Hacking Competition (JHCom) merupakan sebuah kompetisi yang bermain pada wilayah keamanan siber. JHCom 2018 merupakan kompetisi pertama yang dilakukan dalam serangkaian kegiatan Cyber Security Indonesia (CSI) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) bekerjasama dengan beberapa lembaga seperti Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Kementrian Pertahanan (Kemhan), Kementrian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenkopolhukam) dan Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Id-SIRTII/CC yang saat ini berada dibawah koordinasi Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional (Pusopkamsinas) BSSN mendukung kegiatan JHCom sebagai Pelakasana Kegiatan. Id-SIRTII/CC memberikan bantuan teknis dalam bentuk konsep dan persoalan yang digunakan disetiap babak serta infrastruktur sistem perlombaan. Id-SIRTII/CC sendiri telah memiliki kegiatan kompetisi kemanan siber tingkat nasional yang bernama Cyber Jawara. Tahun 2018 Cyber Jawara dilaksanakan di Bali pada bulan Oktober dan Pemenang Kompetisi ini juga berhasil memenangkan Cyber Sea Games 2018 yang dilaksanan di Thailand pada bulan November tahun ini sehingga berhak melaju ke kompetisi SECCON di Jepang.
Ketertarikan generasi muda akan dunia keamanan siber semakin meningkat ditandai dengan munculnya banyak komunitas yang membahas tentang keamanan siber baik dari sisi offensive maupun defensive. JHCom mencoba untuk mewadahi dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk dapat bersaing dan bertumbuh dengan jalur yang sebagaimana mestinya. JHCom juga memiliki tujuan untuk dapat berperan sebagai tempat pembinaan generasi muda yang memiliki potensi dan sarana komunikasi para penggiat keamanan siber. JHCom menggandeng beberapa Asosiasi untuk hadir sebagai Juri, diantaranya adalah Federasi Teknologi Informasi Indonesia (FTII), Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).
JHCom dilaksanakan dalam 3 babak, yaitu
1.Babak Eliminasi : Merupakan babak penyisihan yang diadakan secara online. Dalam babak ini yang di perlombakan adalah Capture The Flag (CTF) jeopardy dimana peserta harus dapat menyelesaikan persoalan persoalan untuk mendapatkan Flag. CTF yang diperlombakan terbagi dalam beberapa kategori seperti Forensik, Steganografi, Reverse Engineering, Web, dan Misc. Setiap persoalan memiliki bobot nilai yang berbeda sesuai dengan tingkat kesulitan yang dimiliki. Babak Eliminasi dilaksanakan pada tanggal 25 November 2018 dan diikuti oleh 127 Tim dengan latar belakang beragam. Setiap Team dapat beranggotakan 1 sampai 3 orang dan melakukan registrasi melalui website CSI (http://cybersecurityindo.com/attend/jakarta-hacker-competition-registration).
 
2.Babak Semifinal : Babak yang dilaksanakan secara offline ini diikuti oleh 10 Tim terbaik dari babak Eliminasi dan 5 Tim Undangan. 15 Tim ini bersaing dalam dua ronde yaitu ronde CTF dan Ronde Penetration Testing (PenTest). Ronde CTF memiliki format perlombaan yang sama dengan babak Eliminasi namun dengan tingkat kesulitan yang lebih. Sedangkan Ronde Pentest, JHCom memberikan persoalan dengan tema “Hack The Box” dimana peserta harus melakukan PenTest terhadap sebuah mesin virtual untuk mendapatkan sebuah Flag dengan memanfaatkan kerentanan dan atau kesalahan konfigurasi dari mesin tersebut. Babak Semifinal dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2018.
 
3. Babak Final : Babak Akhir dari kompetisi ini dilakukan dengan format Computer Network Defense (CND). Sebanyak 5 Peserta terbaik yang berhasil menyelesaikan babak Semifinal ditantang untuk dapat melakukan penguatan (Hardening) sistem. Skenario yang digunakan adalah finalis berperan sebagai administrator sistem dan mendapati sistemnya telah terkompromi oleh penyerang. Peserta memliki tugas untuk mengembalikan tampilan web seperti semula, melakukan inspeksi terhadap sistem dan membersihkan segala potensi serangan. Setelah melakukan hardening mesin, Peserta diberikan kesempatan untuk melakukan serangan terhadap mesin lawan dan menguasai mesin sepenuhnya sehingga akan terjadi proses penyerangan (attacking), pengamatan (Monitoring) dan Penguatan (Hardening) dalam waktu yang bersamaan.
 
JHCom yang terbagi dalam 3 babak dilaksanakan dalam 2 Tempat berbeda. Babak Eliminasi yang bersifat online dilakukan dalam Waktu 7 Jam diseluruh Indonesia secara serentak dimulai pukul 13:00 WIB sampai dengan 20:00 WIB. Sedangkan Babak Semifinal dan Final diadakan secara Offline pada tanggal 5-7 Desember 2018 bertempat di Assembly Hall, Jakarta Convention Center.
 

  • Senin, 10 Dec 2018
  • Oleh admin

Pemantauan Trafik Internet Nasional

Laporan pemantauan trafik internet nasional dengan menampilkan laporan trafik mingguan, trafik bulanan dan trafik tahunan.

Peringatan Ancaman Keamanan & Kerentanan Sistem

Kumpulan arikel tentang peringatan dini ancaman keamanan dan kerentanan sistem.

Security News

Kumpulan berita tentang keamanan siber atau IT.

Laporan Insiden

Id-SIRTII/CC menerima pelaporan insiden dari publik untuk kemudian dilakukan koordinasi kepada pihak-pihak yang berkepentingan.